PENGALAMAN JADI KASIR DI MATAHARI DEPARTMENT STORE TANGERANG

Haloooo semuaaaa
Akhirnya setelah sekian lama, blog ini bisa lahir ke dunia yang kejam ini.
Untuk mengawali blog ini, aku bakal sharing sama kalian semua tentang pengalaman kerja aku selama sebulan sebagai kasir di Matahari Department Store.


Waktu itu aku sudah libur sekolah dan memasuki bulan puasa dan juga aku udah selesai UN (yeyyy) dan aku iseng banget karena cuma di rumah aja dan tiduran, makan, udah gitu aja (jujur).
Dan aku tau sih, kalo udah deket-deket bulan puasa dan lebaran gini, banyak banget yang bakalan belanja. Jadi, pasti banyak banget yang butuh anak perbantuan gitu.
Pada awalnya, aku diajak sama temanku untuk coba ngelamar di Matahari karena teman sekolahku yang lain ada yang coba kerja disana. Lalu, aku buat semuanya, mulai dari lamaran kerja, CV, dan lain-lain.
Keesokan harinya, aku sama 2 temanku mencoba melamar di 2 Matahari berbeda, sedangkan aku cuma bawa 1 lamaran kerja (oh nooooo). Setelah aku ngasih lamaran aku sama kedua temenku, aku cuma dibilangin bakal dikabarin lewat telepon. Pada saat itu, aku sih udah hopeless banget, karena temenku yang udah duluan masuk situ katanya langsung interview dan langsung bisa kerja, sedangkan aku dan kedua temenku ga langsung interiew.
Akhirnya, aku dan temenku memutuskan untuk pergi ke Matahari Store lainnya yang ga terlalu jauh dari situ, karena memang dari awal kami emang mau nitip lamaran di 2 tempat sekaligus.
Akhirnya, kami sampai di Matahari Store yang kedua. Aku coba tanya-tanya sama SPB disana apa disana ada lowongan, lalu SPB itu langsung manggil Supervisor HR (omg aku langsung ketemu sama supervisor).
Lalu, supervisor itu langsung ngajak aku ke dalam kantornya. Sebelum masuk, aku diperiksa satu badan sampai ke tasku sama security yang ada disana (disana lumayan ketat pengawasannya). Aku dan temen-temenku nunggu di depan ruangan supervisor. Waktu itu, aku udah pasrah banget karena aku ga bawa lamaran kerja lagi T_T. Akhirnya, kedua temenku disuruh psikotest sambil bawa lamarannya. Lalu aku nunggu mereka, dan tak disangka aku juga dipanggil untuk psikotest juga (huaaa senangnya). Lalu aku bertiga mengikuti psikotest dengan soal yang sudah diberikan. Lalu, aku disuruh nunggu lagi sampe hasil psikotest itu keluar.
Akhirnya, hasil psikotest itu keluar, dan supervisor yang tadi langsung ngomong kalau kita bsk langsung ditraining jadi kasir. Lalu aku dijelaskan tentang fee, ketentuan-ketentuan selema kerja disana, dan tentang kontrak.
Waktu itu karena aku menjadi kasir perbantuan pada saat bulan puasa, seragam yang aku pakai pun berbeda dari yang biasanya. Aku pake kaos polo polos berwarna merah dengan celana bahan hitam polos dan sepatu pantofel yang haknya tidak lebih dari 3 cm.
Untuk rambut, yang berambut pendek tidak boleh lewat pundak, dan kalo rambutnya panjang harus dikonde.
Untuk make up, wajib menggunakan foundation, eyeshadow abu-abu, lipstik merah, dan blush on.
Dan pada saat itu, aku juga dikontrak mulai aku pegang modal sendiri sampat malam takbiran aja.
Dan untuk gajian, dia transfer bank lewat Bank CIMB Niaga, jadi kalian kalau mau kerja wajib punya tabungan Bank CIMB Niaga.

Keesokan harinya, aku berangkat lebih pagi karena aku harus buat rekening di Bank CIMB Niaga. Aku pas itu disuruh datang jam 10 pagi dan pada saat itu kebetulan hari puasa pertama. Tabunganku jadi dan aku langsung training saat itu juga. Pas saat itu, aku langsung ditempatkan di area, waktu itu aku ditempatkan di kassa 1 dengan satu anak perbantuan yang lain dan satu senior (ini salah satu senior yang aku sayang bgt hihi). Oh ya aku ditraining cuma 2 hari. Awalnya aku ragu bgt karena pada saat pertama kali aku ke area, itu keliatannya ribet dan susah jadi aku takut (adohhhh).
Oh ya, kasir perbantuan itu dibagi 2, gelombang 1 dan gelombang 2. Aku dan kedua temenku masuk ke gelombang kedua karena aku dan kedua temenku ngelamar yang paling terakhir. Yang gelombang 1 itu adalah yang masuknya paling awal, jadi lama kerja dan gaji pun berbeda jumlahnya.
Pada saat itu, aku ditraining dari jam 10 pagi sampai jam 2 siang, jadi pada saat yang lain istirahat, aku pulang (wkwkwk).
Pas hari pertama training itu, aku cuma diajarin pegang mesin kasir aja. Pada saat keluar kantor pun kita harus 'greeting' biar kita dapat melayani pelanggan dengan baik.
Pegang mesin kasir aja susah menurutku, jadi seniorku yang sangat baik itu dengan pelan-pelan ngajarin aku (suit suit).
Pas itu aku nanya juga sama seniorku tentang ketakutanku yang gabisa ngapalin semua diskon (omg).
Pas itu aku emang belom ngerti banget perbedaan antara yang mana barang matahari dan barang bukan punya matahari, jadi aku udah pusing duluan karena aku harus ngapalin semua diskon yang ada di satu Matahari (bohwat deh).
Seniorku dengan tenang mengatakan bahwa diskon itu bisa dihapal besok-besok dan lama-lama kamu bakalan hapal sendiri. Dia juga bilang bahwa aku bisa nanya sama senior yang lain atau liat buku contekan yang ada disetiap kasir hihi.
Seniorku ini juga bantu aku ngapal diskon barang-barang yang ada disekitar kasir hihi (aduh baiknyaaaa).
Dia juga menjelaskan apa-apa saja yang ada di kassa itu, mulai dari tempat plastik, tempat roll untuk printer, dan lain-lain (ngefly wkwk).
Jadi, pada hari pertama aku hanya bantu packing barang dan belajar pake mesin kasir.
Karena masih awal puasa, jadi toko pun agak sepi, aku bisa sambil ngobrol hihi.

Pas hari kedua, aku juga masih diajarin cara menggunakan mesin kasir, tapi ini udah yang tingkat lebih sulit. Aku juga masih bantu packing.
Pas hari kedua aku tetep ditempatin di kassa 1 tetapi dengan senior yang berbeda. Kebetulan, seniorku yang ini cantik banget (terpanah sendiri).
Dan dihari itu juga, aku diajarin gimana caranya pake mesin EDC dan lain-lain.
Sumpah, disana tuh seniornya beneran baik banget ><

Sampai pada hari ketiga, aku udah selesai training, dan aku akhirnya pegang mesin sendiri dengan id sendiri. Dan mulai hari ini juga, aku udah dapet sistem shift sama kayak yang lain.
Aku beneran deg-degan banget pada saat itu karena udah terbayang nombok kalo aku salah ketik atau salah scan (aduh ><).
Pada saat itu aku dapet shift pagi dan tumbennya toko rame pada saat itu jadi aku lumayan kewalahan dan keteteran dan pastinya aku gugup banget (udah ga kebayang lagi gimana pas saat itu).
Karena biasanya aku hanya bantu packing aja, sekarang aku melayani customer juga.
Jadi pas istirahat, aku beneran lemes dan gugup karena ramenya. Tapi emang ga seberapa ramenya dibanding seminggu sebelum lebaran, karena itu adalah titik puncak ramenya toko.

Dan disana juga aku berusaha buat jual member Matahari hihi karena lumayan juga. Dan aku juga pernah lembur dari pagi sampai pagi lagi (sampai rumah jam setengah 2) karena saking ramenya ><
Pas awal kerja, aku beneran cape banget mungkin karena engga biasa ya, tapi semakin mendekati lebaran yang artinya toko makin rame, aku makin enjoy kerja disitu hihi.
Dan pas hari terakhir, aku bener-bener engga mau pisah sama mereka semua T_T
Mungkin tahun depan aku bakal balik lagi kesana hihi



Terima kasih kalian semua yang telah mendengarkan celotehanku ini, semoga bermanfaat untuk kalian😁
Bila ada yang ingin ditanyakan, bisa tinggalkan komentar di bawah yaaaa😃

Komentar

  1. Kayaknya seru tuh kak, kenapa ngak buat novel aja kak. Kakak hebat juga dalam pemilihan kata. Itu juga bisa dimasukan dalam cerita loh kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo^^
      Sebelumya terima kasih ya udah sempetin baca dan tanya-tanya
      maaf baru balas^^

      aaaa makasih banyak atas pujiannya^^
      sepertinya kalo bikin novel aku ga sejago itu hahaha

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CTMP? TAHAPAN SKINCARE UNTUK PEMULA!

PART TIME BARISTA SAMBIL KULIAH? KENAPA ENGGA?

[REVIEW] IMPLORA URBAN LIP CREAM MATTE - 09 Butterscotch